Kontribusi Sentra Industry Genteng Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Desa Bedingin Sambit

    

Kontribusi menurut kamus bahasa Indonesia adalah sumbangan atau pemberian. Jadi kontribusi adalah pemberian adil setiap kegiatan, peranan, masukan ide, dan lain sebagainya. Kontribusi juga dapat berarti individu tersebut berusaha meningkatkan efesiensi dan efektivitas hidupnya, dalam hal ini dengan menajamkan posisi perannya, sesuatu yang kemudian mejadi bidang spesialis, agar lebih tepat sesuai dengan kompetensi. Kontribusi dapat diberikan dalam berbagai bidang yaitu pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya.
 

Pada dasarnya kontribusi pada sentra industry sangat diperlukan oleh masyarakat itu sendiri, dengan tujuan adanya sentra industry ini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya kontribusi sentra industry genteng di Desa Bedingin Sambit ini mampu membantu masyarakat dalam hal mengatasi permasalahan ekonomi, contohnya seperti berikut:

  1. Menyerap tenaga kerja ataupun mengurangi jumlah pengangguran 

Kegiatan usaha kerajinan genteng di Desa Bedingin Sambit pada umumnya masih bersifat home industry (industry rumah tangga) artinya yang mengerjakan kegiatan usaha tersebut sebagian besar dari anggota kelompok. Ketrampilan dalam membuat genteng, diperoleh dari pengalaman orang tuanya yang bersifat turun temurun. Sehingga tidak membutuhkan pendidikan khusus, karena cara produksinya tidak begitu sulit. Semakin banyaknya jumlah penduduk nantinya akan berdampak pada permasalahan dalam mencari pekerjaan. Di era modern ini mulai dibuka industri-industri baru dengan tujuan memberikan peluang kerja serta dampak yang positif bagi masyarakat. Selain menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar maupun dari masyarakat luar desa. Sentra industry genteng di Desa Bedingin Sambit ini tentunya juga mengurangi jumlah pengangguran.

Berdasarkan hasil Kuliah Pengabdian Mayarakat (KPM) yang kami lakukan di Desa Bedingin khususnya di Dukuh Krajan, (sampe: PG Bumi Lestari, miliknya Mbah Giono), pemilik sentra industry tidak melakukan proses produksi secara mandiri, tetapi mereka memilih untuk menggunakan tenaga kerja cetak, nyisik, dan usung dari masyarakat. Tenaga kerja yang digunakan oleh pemilik sekitar 10-15 orang (tidak tetap) dan 3 orang yang bekerja tetap. Tenaga kerja dari anggota keluarga, masyarakat sekitar, dan masyarakat luar desa Bedingin. Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan peluang kerja serta untuk memenuhi penjualan maupun pemesanan produk yang meningkat. 

  1. Meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat

Pendapatan keluarga berarti besarnya jumlah uang yang diperoleh dalam satu hari kerja. Pendapatan yang diperoleh keluarga maupun masyarakat perlu diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tanpa adanya penghasilan bagi setiap individu maupun masyarakat yang sudah masuk kategori bekerja nantinya akan berdampak pada masalah perekonomian individu tersebut. Seperti halnya sentra industry di Desa Bedingin Sambit ini, mampu memberikan kontribusi yang sangat penting bagi masyarakat. Berdasarkan hasil Kuliah Pengabdian Mayarakat (KPM), diperoleh hasil bahwa dengan berkerja di sentra industry genteng ini masyarakat mengalami peningkatan pendapatan yang maksimal dan pastinya menjanjikan bagi masyarakat. 


-KPM IAIN-

Media Kreative Desa

No comments:

Post a Comment

Instagram