Hasil Pertanian Desa Bedingin



Pertanian merupakan salah satu kegiatan manusia yang mengeksploitasi sumber daya tanah dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidupnya. Dalam mengeksploitasi tanah untuk kegiatan pertanian, manusia menerapkan berbagai teknologi mulai dari teknologi yang sederhana bersifat tradisional sampai teknologi yang moderen. Semuanya menjadikan tanah sebagai objek untuk kegiatan produktif pertanian.
Dalam masyarakat pedesaan yang agraris, kondisi ini menyebabkan bidang-bidang tanah yang membentuk usaha tani tidak selalu berada dalam satu kawasan. Usaha tani yang satu dengan usaha tani yang lain letaknya terpisah (berpencar) dengan tingkat kesuburan yang belum tentu sama. Usaha tani yang berpencarpencar tersebut menyebabkan usaha pertanian menjadi tidak efektif dan tidak efisien.
Dalam menggerakkan pembangunan masyarakat di pedesaan, faktor keberadaan tanah sebagai sumber daya alam harus menjadi salah satu titik perhatian. Dimana masyarakat pedesaan di dominasi oleh masyarakat pertanian. Di sini tanah merupakan faktor produksi dan pendukung aktivitas kehidupan masyarakat yang utama. Karena semakin terbatasnya ketersediaan lahan tanah sebagai sumber daya alam yang potensial, maka diperlukan manajemen pengelolaan dan pemanfaatan lahan yang ada. Manajemen lahan yang meliputi pengelolaan lahan pertanian (lahan bercocok tanam, kehutanan, peternakan, dan perikanan), serta pengelolaan lahan untuk perumahan maupun industri.
Desa Bedingin Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo memiliki lahan pertanian yang cukup luas, dalam sektor pertanian sebagian besar digunakan untuk tanaman padi. Namun, masih banyak juga lahan pertanian yang ditanami padi dan jagung. Tanaman holtikultura juga banyak ditanami disana, seperti cabe merah dan cabe rawit.

Media Kreative Desa

No comments:

Post a Comment

Instagram