Sumber Daya Alam Desa Bedingin

bukit gemplah
Sumber daya alam Desa Bedingin adalah merupakan semua bahan / unsur / material yang terdapat dan dimiliki secara alami. Artinya, sumber daya tersebut telah disediakan oleh alam yang timbul sebagai akibat proses alamiah dan berguna bagi kehidupan umat manusia.


Sumber daya alam mencakup semua unsur tata lingkungan, biologis dan fisik (biofisik) yang dengan nyata atau secara potensial dapat menunjang kehidupan dan memenuhi kebutuhan hidup orang banyak.
kerajinan genteng dan bata
Sifat penyebaran sumber daya alam secara geografis tidak merata di dunia ini. Dimana antara satu wilayah dengan wilayah lain memiliki sumber daya alam yang tidak sama satu sama lain. Dalam artian, tidak ada satu wilayah-pun di muka bumi ini yang memiliki potensi sumber daya alam yang persis sama dengan wilayah lainnya.
Hal yang perlu mendapatkan perhatian serius, bahwa keberadaan sumber daya alam yang semakin lama semakin penting, karena adanya permintaan dan penggunaan sumber daya alam antar daerah akibat perkembangan ekonomi, sosial, industri, iklim dan sebagainya.
beji sirahketeng
Sumber Daya Alam sendiri terbagi menjadi dua (2) yaitu:
  • Sumber Daya Alam Hayati yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperti tanaman (tumbuhan), hewan (hewan ternak, hewan laut dan lain-lain), terumbu karang dan sebagainya.
  • Sumber Daya Alam Non-Hayati yaitu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, seperti tanah, minyak bumi, bahan tambang atau mineral (seperti nikel, tembaga, seng, besi, timah, emas dan lain-lain).
Sedangkan potensi Sumber Daya Alam dibagi menjadi 3, yaitu:
  • Potensi Sumber Daya Tanah
  • Potensi Sumber Daya Hutan
  • Potensi Sumber Daya Air
industri genteng dan bata
Desa Bedingin memiliki ke tiga (3) unsur potensi sumber daya, Sumber daya tanah, karena tingkat kepadatan penduduk belum cukup tinggi dan sebagian besar berupa daratan dan perbukitan sehingga pemanfaatan dan pengembangan sumber daya tanah yang dapat dikelola dengan baik. Potensi sumber daya tanah di desa Bedingin pada umumnya digunakan sebagai lahan pertanian, sekolah, dan sentra industri genteng dan batako. Sumber daya Hutan di manfaatkan sebagai lahan tumpangsari dan tanaman produktif seperti Jati dan kayu2an, Sumber daya Air yang luasnya +/- 1 hektar dimanfaatkan sebagai pengairan sawah, perikanan dan wisata.

Media Kreative Desa

No comments:

Post a Comment

Instagram